Cibubur Macet dari Pagi, Acara PKS Salah Satu Sebabnya

Kemacetan di sekitar Pintu 1 TMII.
Sumber :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

VIVA.co.id - Kemacetan panjang terjadi di Tol Jagorawi, Tol Dalam Kota dan jalan-jalan sekitarnya, pada Minggu 13 September 2015, sejak pagi hingga sore ini.

Hujan Perparah Kemacetan di Jakarta Pagi Ini

Kepala Bagian Operasi Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Sutimin mengatakan, ada beberapa faktor yang mengakibatkan kemacetan. Salah satunya adalah adanya acara Pra Munas Partai Keadilan Sejahtera di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur.

"Kami dapat laporan, acara itu diikuti sekitar tiga ribu peserta, itu salah satu faktor yang menyebabkan kepadatan," kata Sutimin saat dihubungi VIVA.co.id, Minggu sore 13 September 2015.

Hujan Guyur Jakarta Malam Ini, Kemacetan di Mana-mana

Kegiatan itu, lanjut Sutimin, menyebabkan petugas kepolisian lalu lintas melakukan rekayasa lalu lintas, seperti buka tutup jalan, untuk mengurai kemacetan di sekitar kawasan Buperta.

Namun, buka tutup jalan diakui berimbas pada jalan-jalan lainnya. Selain itu, Sutimin mengaku, volume kendaraan juga cukup tinggi karena akhir pekan.

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan

"Volume kendaraan yang tinggi pada akhir pekan, terutama ke tempat-tempat wisata. Di jalan ke arah Cibubur, ada tempat wisata seperti Taman Mini. Itu banyak juga kendaraan menuju sana," jelasnya.

Tercatat, kendaraan yang akan memasuki Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada hari ini mencapai 15 ribu kendaraan.

"Kemacetan juga diduga ditambah lagi jalan menuju Bekasi, Jawa Barat, sedang dalam perbaikan," ujarnya.

Sebelumnya, Kawasan Cimanggis, Cibubur, Taman Mini dan sejumlah ruas tol di Jakarta, macet total. Kemacetan berlangsung sejak pagi hingga sore hari.

Volume kendaraan yang terus bertambah menyebabkan antrean semakin panjang. Kepadatan terlihat sejak Pintu Tol Cimanggis hingga Pintu Tol Kuningan.

Sementara dari arah sebaliknya, kendaraan mengantre sepanjang 40 kilometer dari pintu tol Semanggi hingga pintu keluar Tol Cibubur yang mengarah ke Bumi Perkemahan Cibubur dan Taman Bunga Wiladatika.

Antrean kendaraan memanjang tidak hanya terjadi di Jalan Tol Jagorawi, melainkan juga di jalur-jalur utama non-tol, seperti Jl Raya Transyogie, Jl Raya Hankam, Jl Raya Taman Mini, dan kawasan Taman Bunga Wiladatika mengarah ke Cisalak, dan Arundina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya