Kebakaran Pul Bus Transjakarta, Suku Cadang Beterbangan

Kebakaran Jakarta
Sumber :
  • @tmcpoldametro

VIVA.co.id - Kebakaran terjadi di pul bus Transjakarta di Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat pada Selasa 1 September 2015 sekitar pukul 18.00 WIB.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mohammad Iqbal, mengatakan kebakaran yang terjadi di pul bus TransJakarta tidak sempat menyambar Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas alias SPBG yang berada di pul bus itu.

"Api tidak sempat menyambar SPBG karena jarak antara lokasi kebakaran dan SPBG sekitar 75 meter," kata Iqbal.

Lokasi kebakaran tersebut, lanjut Iqbal, merupakan pul bus TransJakarta yang beroperasi setiap hari.

Kebakaran Pool Bus TransJakarta Hanguskan 18 Unit

"Di dalamnya terdapat bengkel, parkiran bus, kantor pengelola dan SPBG. Dan armada yang tidak beroperasi tersebut rencananya akan dibedah atau dipotong," katanya.

Iqbal menuturkan, menurut keterangan saksi di lokasi bernama Gungun, saat itu sedang ada perbaikan di salah satu armada bus yang mengalami kerusakan.

"Saat saksi dan temannya sedang memperbaiki salah satu armada, tiba-tiba saksi melihat ada kepulan asap hitam dari salah satu armada yang sudah tidak beroperasi," kata Iqbal.

Lalu, saksi bersama teman berusaha memadamkan api dengan alat pemadam api. Namun, upaya itu gagal, karena saat itu angin berhembus sangat dan api cepat membesar.

"Melihat hal tersebut, saksi dan temannya mengurungkan niatnya, dan selanjutnya kejadian tersebut langsung dilaporkan kepada pihak berwajib," kata Iqbal menjelaskan.

Dalam kondisi itu, kata Iqbal, seluruh karyawan yang berada di sekitarnya berlari menyelamatkan diri.

"Sempat terjadi ledakan, karena armada yang tidak beroperasi tersebut di dalamnya masih terdapat gas di dalam tangkinya," katanya.

Beberapa kali ledakan sempat membuat beberapa benda-benda seperti suku cadang bus terlempar hingga puluhan meter. "Jumlah armada yang terbakar sekitar 20 armada, untuk jumlah kerugian belum dapat ditaksir dan tak ada korban jiwa dalam kebakaran ini," ujar Iqbal. (ase)

Blak-blakan, Ketum PSSI Erick Thohir Ungkap Pembicaraan dengan Emil Audero
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.

Ahok Pastikan Trans Batavia Sulit Perpanjang Kontrak

"Siapapun yang bagus, memenuhi standar, baru dia bisa masuk."

img_title
VIVA.co.id
2 September 2015