Kisah Sukses RW Terbaik di DKI

VIVAnews - Menjaga lingkungan tentu kewajiban setiap individu. Namun jika dilakukan secara bersama-sama hasilnya lebih nyata.

Seperti halnya yang dilakukan warga di Rukun Warga 03 Rawajati, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan. Di tempat ini menanam dan merawat tanaman menjadi kegiatan rutin warga.

Tak heran rimbunan pepohonan hadir di setiap rumah. Lahan kosong di bawah saluran listrik bertegangan tinggi pun disulap menjadi taman rimbun nan asri.

Ratusan tanaman hias dan obat tak hanya menghiasi taman, tapi juga diolah menjadi jamu siap seduh yang dijual hingga di pusat perbelanjaan di Jakarta.

Selain itu, sampah dapur diolah menjadi pupuk kompos untuk merawat tanaman.

Menurut Lurah Rawajati, Arif Abidin, bukan pekerjaan mudah menimbulkan kesadaran warga menjaga lingkungan.

"Butuh waktu bertahun-tahun. Tapi akhirnya bisa kami petik hasilnya.Predikat RW terbaik se DKI berkali-kali disandang kawasan ini, hingga akhirnya dinobatkan jadi RW percontohan di Jakarta," ujarnya.

Bahkan menurutnya, status Kampung Agrowisata yang disandang sejak 2005 ini menyebabkan wilayahnya pernah dikunjungi perwakilan 10 negara ASEAN dan dijadikan bahan percontohan bagi pelajar daerah.

Putri Anne Blak-blakan Belum Bisa Move On dari Arya Saloka?
Syahrini

Syahrini Diduga Hamil, Sudah Masuk Usia 7 Bulan

Awalnya admin akun gosip tersebut menyoroti perbedaan foto yang tiap kali diunggah Syahrini dengan foto paparazi yang didapatkan netizen itu.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024