Banjir Datang Lagi, DKI Siagakan 170 Alat Berat

Pengerukan Waduk Pluit
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAnews
Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL
- Hujan deras yang mengguyur Jakarta, membuatĀ  banjir di sejumlah titik di kawasan ibu kota. Pendangkalan sungai dan sampah di sungai, waduk dan pintu air menjadi masalah yang sejak lama tidak pernah diatasi. Ini yang menjadikan air meluap karena melebihi kapsitas.

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

"Kita siagakan 170 eskavator di seluruh sungai, waduk dan pintu air yang ada di Jakarta," kata Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, Kamis, 2 Mei 2013.
Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior


Alat berat ini akan terus difungsikan untuk mengangkat sampah dan tanah yang menyebabkan pendangkalan di sungai, waduk dan pintu air. Ia berharap pengerukan ini dapat menambah kapasitas tampungan air hujan dan banjir kiriman.


Menurut Jokowi, Dinas PU sudah melakukan pemeriksaan tanggul-tanggul air yang ada. Pengawasan dan perbaikan di tanggul yang kondisinya darurat segera dilakukan.


Akibat hujan lebat yang mengguyur Jakarta pada Rabu malam menyebabkan tanggul kali Krukut, Pondok Labu, Jakarta Selatan jebol. Akibatnya kawasan sekitar tanggul terendam banjir.


"Saya sudah minta Dinas PU ke lokasi. Mereka akan cek dan segera lakukan perbaikan," kata Jokowi.


Untuk perbaikan darurat ini Pemda sudah menyiapkan anggaran khusus. Dana untuk kondisi darurat dan tidak perlu dilakukan tender.


Menurutnya, tender justru akan memperlambat proses perbaikan. Untuk tender memerlukan proses dan waktu yang lama. Proses pertanggungjawaban dana perbaikan darurat ini akan diaudit belakangan.


"Jumlah sedang dihitung PU dan yang penting perbaikannya harus cepat dan bagus," katanya. (eh)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya