Hari Buruh, Ribuan Perusahaan di Bekasi Ubah Sistem Kerja

Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 2013 di HI
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen
– Ribuan perusahaan di Bekasi, Jawa Barat, melakukan perubahan sistem kerja terkait peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh pada hari ini, Rabu 1 April 2013. Buruh Bekasi yang seharusnya masuk kerja hari ini, dipersilakan tidak bekerja untuk memperingati Hari Buruh.

Analisis Metabolisme Tubuh dan Kebutuhan Nutrisi Lewat Tes DNA

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Bekasi, Sutomo, mengatakan pengusaha tidak keberatan pekerjanya memperingati May Day. Namun perusahaan meminta kesediaan karyawan untuk mengganti jam kerja mereka yang hilang hari ini. “Kami akan mengganti jadwal hari masuk mereka,” kata Sutomo.
Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri


Apindo Kabupaten Bekasi mencatat, ada 2.800 perusahaan yang sepakat untuk memberlakukan hal tersebut. Rata-rata perusahaan itu didominasi oleh Perusahaan Modal Asing (PMA) dan berada di kawasan industri East Jakarta Industrial Park (EJIP), Hyundai, MM2100 Cibitung Bekasi, Lippo Cikarang, Jababeka, serta Delta Mas.


Sejumlah perusahaan yang dominan memberlakukan perubahan sistem kerja terkait May Day itu bergerak di bidang manufaktur. Perusahaan multi glass tidak bisa mengikuti aturan tersebut, sebab perusahaan itu harus melakukan produksi berkelanjutan setiap harinya.


Sejauh ini Apindo belum mendapat kabar adanya rencana sweeping dari serikat buruh. Apindo tidak bisa merinci kerugian perusahaan yang melakukan penundaan produksi. Sutomo hanya mengatakan, pendapatan produksi sekitar 8 jam per hari sekitar Rp 10 miliar. “Kerugian itu akan dibayarkan melalui perubahan sistem kerja,” kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya