Mudik Lebaran

Ricuh di Stasiun Senen Akibat Sistem Baru

Para calon penumpang kereta berebut masuk di Stasiun Pasar Senen, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA/ZAARQONI

VIVAnews - Seribu calon penumpang Kereta Api Ekonomi jurusan Malang yang berada di stasiun Senen, Jakarta Pusat, dorong-mendorong saat memasuki kereta. Tidak sedikit penumpang yang pingsan dan terinjak penumpang lain, Selasa, 23 Agustus 2011.

Menurut Kepala Humas Daerah Operasional I PT KAI Mateta Rizalulhaq, kejadian itu diakibatkan banyaknya penumpang yang ingin cepat masuk kereta. Padahal, saat itu masih waktu boarding, sementara kereta masih harus disiapkan lagi.

"Itu harusnya jam boarding untuk tunggu. Jadi belum waktunya masuk mereka sudah ingin masuk, karena takut ketinggalan kereta," ujar Mateta saat ditemui di Stasiun Senen, Jakarta.

Mateta menjelaskan pada saat kejadian kondisi kereta sedang dibersihkan dan disiapkan untuk menjamin keselamatan para penumpang. "Jadi, sebenarnya tidak ricuh, hanya saja mereka semua ada rasa ingin cepat-cepat masuk ke dalam kereta," kata dia.

Pada tahun ini PT KA memang menerapkan sistem boarding yang bertujuan agar penumpang tak saling berdesakan saat menaiki kereta. Untuk kereta ekonomi keberangkatan pukul 14.00 WIB, baru dibuka satu jam sebelumnya. Tapi karena beberapa penumpang berdesakan dan sempat pingsan, maka pintu masuk dibuka setengah jam lebih awal.

Sistem boarding ini diterapkan untuk menghindari penumpang salah naik kereta, dan juga agar lebih tertib. Siang ini ada delapan rangkaian KA ekonomi tujuan Malang, pada tahun ini PT KAI menerapkan sistem 150 persen penumpang per rangkaian KA. (kd)

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel
Mensos Risma

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Dalam acara bertajuk YouTube Seribu Kartini Beda Tapi Sama di Jakarta, Jumat,19 April 2024, Menteri Sosial Risma mengemukakan bahwa seorang kreator konten tidak takut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024